Minggu, 10 Juni 2012


MOTIVASI DALAM NOVEL MEREGUK CINTA DARI SURGA
KARYA ABDULKARIM KHIRATULLAH
DIAN EKA PRATIWI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan struktur yang membangun novel Mereguk Cinta dari Surga karya Abdulkarim Khiratullah yang meliputi tema, penokohan, dan latar. 2. Mendeskripsikan aspek motivasi tokoh utama dalam novel Mereguk Cinta dari Surga karya Abdulkarim Khiratullah tinjauan psikologis sastra.
Metode penelitian:
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode Kualitatif Deskriptif. Objek penelitiannya adalah Motivasi dalam novel Mereguk Cinta dari Surga. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan kata, kalimat, dan wacana yang didalamnya terkandung gagasan mengenai unsur-unsur cerita. Sumber data primer adalah novel Mereguk Cinta dari Surga. Sumber data sekunder adalah browsin internet. Teknik pengumpulan data yaitu teknik non interaktif dan teknik kepustakaan. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan pembacaan heuristik dan hermeneutik.
Hasil penelitian:
Hasil analisis struktural terhadap novel Mereguk Cinta dari Surga dapat diperoleh tema novel adalah mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan dalam penderitaan dan memotivasi diri untuk bangkit dari keterpurukan. Tokoh-tokoh dalam novel, yaitu Aziz, Pak Agung, Mutia, Pak Burhan, Silvi, Pak Amri, Fitri, Ghani, Ustadz Akhmal, Mak Hasin. Aziz sebagai tokoh utama merupakan tokoh yang mendominasi cerita dalam novel. Alur novel Mereguk Cinta dari Surga flash back atau sorot balik. Latar novel Mereguk Cinta dari Surga di Pesantren MTI Candung, Payakumbuh, Terminal Pulo Gadung, Pasar Minggu, dan Jakarta. Penceritaan tokoh Aziz dalam novel Mereguk Cinta dari Surga berlangsung pada tahun 2000-2003.  
Kata kunci: Motivasi, Psikologi sastra.

ABSTRAK
MOTIVASI DALAM NOVEL MEREGUK CINTA DARI SURGA
KARYA ABDULKARIM KHIRATULLAH

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur yang membangun novel Meruguk Cinta dari Surga karya Abdulkarim Khiratullah yang melputi tema, plot, penokohan, dan latar. Penelitian ini juga mendeskripsikan aspek motivasi tokoh utama dalam novel Mereguk Cinta dari Surga karya Abdulkarim Khiratullah dengan tinjauan psikologis sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Objek penelitiannya adalah Motivasi dalam novel Mereguk Cinta dari Surga. Data penelitian ini berupa kutipn-kutipan kata, kalimat, dan wacana didalamnya terkandung gagasan mengenai unsur-unsur cerita. Hasil dari penelitian ini adalah analisis struktural terhadap novel Mereguk Cinta dari Surga dapat di peroleh tema novel adalah mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan dalam penderitaan dan motivasi diri untuk bangkit dari keterpurukan.
Kata kunci: Motivasi, Psikologi sastra.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar